Rabu, 26 Oktober 2011

Wakil Presiden Minta Bank Jemput Bola Dukung Sektor Rill

Perbankan diminta jangan hanya menjadi penyalur kredit. Bank juga harus berperan dalam memfasilitasi kegiatan investasi. Dwitya Putra

Jakarta–Wakil Presiden Boediono menilai, perbankan harus berperan proaktif dalam memfasilitasi kegiatan investasi untuk mendukung prospek ekonomi ke depan. Dengan begitu, lanjutnya, perbankan tidak hanya bergerak menyalurkan kredit, tetapi bisa menjemput bola dengan mendukung perekonomian.

“Kita teringat pada krisis di masa lampau, perbankan kakinya tidak lagi menginjak tanah, mereka sibuk dengan kegiatan yang terkait dengan kertas keuangan. Mereka akhirnya mendapat nilai tambah yang semu yang hanya dibagi habis di antara para pelakunya,” kata Boediono, disela acara Nusa Tenggara Investment Day yang diselenggarakan Bank Mandiri di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2011.

Boediono melihat, perbankan nasional saat ini tidak hanya menyibukkan diri dengan bisnisnya sendiri, dan berharap perbankan dapat menjaga perannya dalam kegiatan ekonomi riil.

Dikatakan Boediono, investasi merupakan proses bersama yang harus melibatkan kesepakatan berbagai pihak, antara lain investor, pihak yang memberi pembiayaan, pemilik daerah (pemda) baik di tingkat propinsi, kabupaten maupun kota, serta masyarakat.

Melihat hal tersebut, Boediono imbau perbankan dapat mengambil peran sebagai penghubung di antara pihak terkait.

“Kalau keempatnya tidak mencapai kesepakatan umum, tidak akan terjadi investasi. Harus ada kepentingan bersama,” tegasnya. (*)

Sumber : Infobank


Tidak ada komentar:

Posting Komentar