Senin, 21 Februari 2011

Perbankan Targetkan Pertumbuhan Kredit 24% di 2011

Sejalan dengan pertumbuhan perekonomian yang ditargetkan mencapai 6,5% di 2011, industri perbankan mematok pertumbuhan kredit 24% dalam RBB yang disampaikan kepada BI. Paulus Yoga

Jakarta–Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa dari industri perbankan menargetkan pertumbuhan kredit 24% pada 2011, sementara untuk pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) ditetapkan sebesar 15%.

“Dari Rencana Bisnis Bank (RBB) sangat optimis, tahun ini kredit tumbuh lebih dari 24% dan DPK tumbuh di atas 15%. Jadi kalau terwujud, angka ini tidak terlalu jauh angkanya dari pencapaian tahun 2010 lalu,” ungkap Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad, kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Jumat, 18 Februari 2011.

Menurutnya, angka pertumbuhan kredit yang diproyeksikan perbankan tersebut dinilai sudah cukup sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran 6,5%.

Dengan proyeksi peningkatan kredit sampai 24% di 2011, maka diperkirakan rasio kredit terhadap DPK (LDR) perbankan dapat tembus mencapai 80%.

Dalam menjalankan bisnisnya untuk menggenjot penyaluran kredit tersebut, industri perbankan harus memerhatikan permodalan mereka, jangan sampai optimisme tersebut tidak tercapai.

”Jangan sampai bank ini nafsu besar, kurang tenaga besar. Pentingnya balancing bank perlu mendorong ekonomi tapi diyakinkan bank secara mikro masih dalam koridor tingkat keamanan tinggi. Angka-angka ini (pertumbuhan) harus di-back up dukungan kondisi keuangan modal,” tandas Muliaman.

Industri perbankan sendiri konsisten menyalurkan kredit mencapai Rp1.742,85 triliun di tahun 2010, meningkat 22,86% dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar Rp1.430,2 triliun. (*)

Sumber : www.infobanknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar