Selasa, 03 Mei 2011

Bappenas: baru 8% pengusaha kecil mendapat kucuran kredit

Bappenas: baru 8% pengusaha kecil mendapat kucuran kredit
Oleh Nina Dwiantika

JAKARTA. Kucuran kredit mikro masih belum terjangkau oleh industri perbankan. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat dari 52,7 juta penguasaha mikro baru sekitar 8% yang telah memperoleh pinjaman dari perbankan.

Herry Suhermanto, Direktur Koperasi dan UKM, sangat menyayangkan minimnya kucuran kredit ke sektor mikro yang ada di Indonesia. Padahal pengusaha di tanah air hampir 99% adalah pengusaha mikro, sedangkan 1% pengusaha menengah dan 0,4% pengusaha besar. "Sampai akhir 2010, produksi pengusaha kecil itu bisa mencapai 23 juta/tahun untuk produk-produk yang ia buat seperti di sektor industri, perdagangan dan pertanian," jelas Herry.

Lebih jauh, Herry berharap bank-bank swasta bisa masuk ke penyaluran kredit usaha mikro walaupun masih ada beberapa kendala soal pengaturan di bank luar pemerintahan untuk menyalurkan kredit mikro. Pasalnya, saat ini, penyaluran kredit usaha mikro banyak dipegang oleh bank-bank BUMN dan BPD.

Ia menyatakan, Bappenas beserta lembaga dan kementerian lain telah berupaya untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pengusaha kecil untuk dapat membuat proposal yang bisa diterima bank. Tahun ini Bappenas menargetkan target penyaluran KUR mencapai Rp 20 triliun karena produktivitas usaha mikro itu bisa mencapai Rp 32 juta per tahun.

Sumber : www.kontan.co.id

3 komentar:

  1. Halo,
    Nama saya Ayu Ahmed, warga Indonesia, kota Yogyakarta. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi cadangan yang sangat disarankan untuk semua warganegara Indonesia di mana untuk mendapatkan pinjaman untuk berhati-hati kerana internet dipenuhi dengan penceroboh, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar memerlukan pinjaman, kerana keadaan kewangan saya tidak Terlalu baik dan berputus asa saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arabia saudi. Saya hampir mati, sehingga seorang kawan saya merujuk saya kepada seorang pemberi pinjaman yang sangat dipercayai bernama Puan Mary William, pemilik organisasi kredit global, dia seorang pemberi pinjaman tulen; Saya memanggil dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari (Rp 555,000,000.00) dalam masa kurang dari 12 jam rawatan dengan kadar bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Jadi ia adalah pekerjaan yang baik dari Puan Mary William dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berkongsi kesaksian saya tentang Puan Mary, supaya rakyat negara saya dan bandar saya dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan sebarang pinjaman, sila hubungi Cik Mary William melalui e-mel: marywilliam902@gmail.com

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: ayuahmed180@gmail.com dan Miss Ruth yang memperkenalkan saya dan memberitahu saya tentang Puan Mary, Dia juga menerima pinjaman daripada Puan Mary. Anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: (ruthedwin98@gmail.com) Sekarang, saya seorang pemilik perniagaan wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan terus memberkati Puan Mary William untuk kerja yang baik Hidup saya dan keluarga saya.
    Terima kasih semua

    BalasHapus
  2. Pesan dari "D Rupiah Lord"

         Resmi {CREDIT UNION DAYA LESTARI} afiliasi dari
                     {ISKANDAR LESTARI KREDIT PERSATUAN}

    Jika Anda berpikir Anda sudah memiliki cukup dari perusahaan pinjaman online karena Anda telah ditipu sebelum Anda berbohong karena akhir dari kesulitan keuangan Anda memang berakhir sebagai pemberi pinjaman yang akan mengakhiri kekeringan finansial Anda dan kelaparan di sini karena mereka menawarkan pinjaman yang dirancang untuk membawa terobosan keuangan kepada Anda teman-teman keluarga Anda dan tentu saja organisasi Anda karena jumlah terendah yang dipinjamkan adalah Rp30.000.000,00 jika Anda berasal dari Indonesia dan juga Anda dapat mengajukan pinjaman sebesar Miliaran dan juga dengan bunga rendah semua menawarkan untuk mengekang ekses kemiskinan dan kesulitan keuangan karena kami memiliki banyak dan banyak klien dan pelanggan di INDONESIA, MALAYSIA, BANGLADESH, UK, USA dan negara-negara ASIA, EROPA lainnya harap tidak ditinggalkan dalam kereta yang sedang bergerak
       Sebagai Tuhan Rupiah saya dapat membuktikan fakta bahwa saya benar-benar mendapat pinjaman dari Ibu dan saya dapat memberitahu Anda bahwa prosesnya sangat fleksibel, transaksi stabil karena saya bermaksud untuk menghadirkan
    ➵Data pribadi
    ➵KTP
    ➵Nomor rekening bank
    ➵Pernyataan Akun saya untuk mendeteksi jumlah yang dapat diakomodasi akun saya
      Dan juga saya dibuktikan oleh Manajemen serta Direksi, seorang pemohon yang tidak pailit sebelum pinjaman saya disetujui
       Harap jangan meragukan saya karena saya memiliki bukti transfer yang dibuat dan saya akan mengungkapkannya hanya kepada pelamar yang serius
     ini adalah mata uang yang mereka perdagangkan {€, IDR, ₲, RM, $, Kč, £, R $, ₩, ¥, zł, R $} semua ini dan banyak lainnya
       Yang harus Anda lakukan hanyalah untuk menghubungi Ibu melalui alamat kontak di bawah ini
    ➵BBM INVITE: {D8980E0B}
    ➵Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    ➵https://www.facebook.com/iskandar.lesteri.7
    ➵WebSite:{iskandarlestari.wordpress.com}

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya Mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah ditransfer ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady Jane tentang Perusahaan Pinjaman Dangote persyaratan dan Jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang, karena pinjaman saya sebesar Rp11 miliar dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis pertambangan batubara saya baru saja disetujui dan ditransfer ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady Jane bahwa saya akan memberi tahu dunia bahwa ini benar? dan saya akan memberi tahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya melalui email: mahammadismali234@gmail.com dan hubungi Perusahaan Pinjaman Dangote untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus