Kamis, 14 April 2011

BI Cita-cita Jadikan BPR Sebagai Community Bank

Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Bank Indonesia (BI) bercita-cita untuk menjadikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai community bank atau bank yang mampu menyediakan layanan dan kebutuhan sesuai kultur masyarakat setempat. Prinsip BPR sebagai community bank ini akan dimasukkan ke dalam revisi Arsitektur Perbankan Indonesia (API).

Deputi Gubernur Bank Indonesia S Budi Rochadi mengatakan tantangan terbesar bagi industri BPR saat ini adalah persaingan yang semakin ketat dengan bank umum dan lembaga keuangan lainnya yang akhir-akhir ini semakin membanjiri pasar keuangan mikro dan kecil.

"Saya berharap hal in iakan semakin memicu para pelaku industri BPR untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan yang lebih baik lagi. Berbagai cara dapat dilakukan salah satunya mereposisikan BPR sebagai community bank," ujarnya ketika meresmikan acara Munas VIII Perbarindo di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Senin (08/11/2010).

Dikatakan Budi, dengan jumlah BPR yang banyak dan tersebar di pelosok wilayah Indonesia maka diharapkan dapat tumbuh fokus dengan beradaptasi di lingkungannya masing-masing.

"Misalnya saja, ada BPR yang dekat dengan masyarakat pertanian karena lingkungan sekitarnya bermata pencaharian sebagai petani yah kemudian kita dorong pemberian kredit dan pembinaan kepada masyarakat pertanian. Dan misalnya di kota maka kita dorong ke pengembangan-pengembangan yang sesuai dengan kotanya," tutur Budi.

Untuk mencapai hal tersebut, Budi menambahkan, perlunya dibangun dan diperkuat terutama struktur kelembagaan BPR, melalui peningkatan permodalan BPR agar mampu memperluas jangkauan pelayanan, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat fasilitas sarana dan prasarana pendukung.

"Berikutnya adalah ketersediaan SDM BPR yang kompeten dan berintegritas tinggi. Dengan pemikiran bahwa SDM merupakan aset yang paling berharga dalam mendukung kinerja BPR, sehingga biaya untuk peningkatan kompetensi setiap SDM pada BPR seharusnya dipandang sebagai sebuah investasi yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan BPR," paparnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan community bank tersebut nantinya akan tertuang dalam konsep revisi API. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat revisi tersebut bisa selesai," katanya.

(dru/dnl)

Sumber : www.detikfinance.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar