Kamis, 08 Desember 2011

2012, Suku Bunga Kredit Perbankan Diarahkan ke Level 10%

Penurunan suku bunga kredit ini didorong oleh terjaganya posisi acuan suku bunga perbankan di level sekitar 6%. Dwitya Putra
Jakarta–Suku bunga kredit perbankan diproyeksikan tahun depan bisa turun menuju ke arah 10%.
Pengmat ekonomi asal Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, A. Tony Prasetiatono mengatakan, hal ini didorong oleh level BI rate yang masih bisa terkendali tahun depan sekitar 6%.
Komisaris Independen PermataBank ini juga memproyeksikan, jika inflasi mencapai 5%-5,5%, maka BI rate kemungkinan hanya sekitar 6,5%.
“Akan diusahakan di arah 10%,” kata Tony, usai Public Expose PermataBank dan paparan proyeksi ekonomi 2012, kantor pusat PermataBank, di Jakarta, Rabu, 7 Desember 2011.
Kondisi ini, tambah Tony, tidak akan mempengaruhi kinerja perbankan, karena secara otomatis perolehan laba menurun seiring dengan penurunan suku bunga kreditnya.
Ia mengungkapkan, untuk mengurangi resiko penurunan laba tersebut, kemungkinan besar industri akan berlomba-lomba meningkatkan porsi dari fee based income.
Hal ini dilakukan bank dengan meningkatkan capex (capital expenditure) untuk perbaikan IT (information technology) lebih baik lagi. “Kalau fee base naik, bunga bisa ditekan,” jelasnya.
Tony menambahkan, PermataBank sendiri otomatis tahun depan harusnya bisa lebih besar lagi menyiapkan capex untuk IT.  “Tahun ini PermataBank telah menyiapkan dana Capex sebesar Rp1,8 triliun untuk IT dan yang lainnya,” pungkas Tony. (*)

Sumber : Infobank

Tidak ada komentar:

Posting Komentar