Rabu, 07 Desember 2011

BI Rilis Dua Buku Panduan Bagi BPR

  • Dalam mendukung pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kesehatan BPR dalam menjalan bisnisnya, Bank Indonesia meluncurkan dua buah buku panduan. Paulus Yoga
    Jakarta–Bank Indonesia (BI) meluncurkan dua buku panduan bisnis dalam mendukung perkembangan industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Kedua buku tersebut adalah Buku Generic Model Apex dan Model Bisnis BPR.
    “Buku-buku tersebut diluncurkan sebagai referensi bagi masyarakat dan perbankan di dalam mendirikan dan juga meningkatkan layanan BPR,” tukas Gubernur BI Darmin Nasutiom, dalam peluncuran kedua buku tersebut di Gedung BI, Jakarta, Senin 5 Desember 2011.
    Buku Generic Model Apex BPR berisi pedoman umum dalam menginisiasi pembentukan dan pelaksanaan operasional Apex BPR. Sedangkan buku Model Bisnis BPR, berisi pedoman bagi pengelolaan bisnis BPR yang sehat dan berkesinambungan.
    Untuk tahap awal, buku Generic Model Apex BPR ditujukan sebagai panduan dalam pembentukan dan pelaksanaan Apex BPR bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang bertindak sebagai Apex.
    Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut atas pencanangan program BPD Regional Champion. Selanjutnya, akan dikaji kemungkinan model Apex BPR di mana bank umum selain BPD bertindak sebagai Apex Bank.
    “Kehadiran lembaga Apex merupakan bentuk sinergi yang ideal untuk bersama-sama melayani UMKM, sehingga meminimalisasi terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat antara bank umum dan BPR,” tandas Darmin.
    Sementara buku Model Bisnis BPR diterbitkan setelah melalui pengamatan dan pembelajaran yang mendalam selama lima tahun terakhir terhadap BPR-BPR yang ada di Indonesia. BPR dinilai mampu, melewati berbagai hambatan dalam situasi keuangan dan ekonomi.
    Ketangguhan tersebut dinilai bank sentral didukung oleh lima aspek, yakni aspek pemilik, aspek kinerja keuangan dan permodalan, aspek lokasi dan wilayah operasional, aspek strategis bisnis, manajemen dan kebijakan SDM, pun aspek keeratan hubungan dengan masyarakat di lingkungannya. (*)

    Sumber : Infobank



    Bank Indonesia telah menerbitkan dua buah buku, yaitu Generic Model Apex BPR dan Model Bisnis BPR. Buku dimaksud dapat diperoleh melalui website Bank Indonesia pada menu Publikasi > Publikasi Lainnya, atau klik langsung pada link berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar