Rabu, 07 Desember 2011

Kerja Sama BPD-BPR Bisa Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Kemampuan BPD yang belum bisa sepenuhnya masuk ke sektor mikro dinilai bisa ditingkatkan dengan keberadaan BPR melalui kerja sama Apex Bank, di mana BPR akan menjadi saluran BPD dalam menyalurkan kredit ke daerah-daerah terpencil. Paulus Yoga
Jakarta–Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menilai kerja sama Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) melalui model Apex Bank dapat meningkatkan efisiensi, karena saat ini BPD masih belum mampu masuk secara khusus ke sektor mikro.
“Itu kita lihat kerja sama dengan BPR lebih membuat efisien, daripada kita harus buat unit-unit mikro untuk menjangkau daerah-daerah terpencil,” ujar Ketua Asbanda Winny Erwindia, kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Senin 5 Desember 2011.
Ia mengakui, saat ini BPD masih belum mampu bila harus masuk ke pelosok-pelosok, terkait dengan kapasitas bisnis dan fokus pembiayaannya sendiri. Menurutnya, saat ini kucuran kredit BPD masih lebih banyak ke sektor konsumsi.
“Jadi perlu waktu. Nah untuk akselerasi ini alternatif dengan BPR. Kita atur lewat asosiasi, jadi ada mutual benefit,” tandasnya.
Model Bank Apex BPR sendiri dinilai berkaitan erat dengan kampanye BPD Regional Champion yang dicetuskan Bank Indonesia. Seperti diketahui melalui program tersebut, BPD didorong untuk bisa menjadi agen development di wilayahnya masing-masing.
“Salah satu poin di dalam ketentuan pedoman BPD Regional Champion itu kan jadi agen development untuk mendukung program pemerintah yang pro poor, pro growth, pro job dan pro environment itu bisa dengan kerja sama dengan BPR,” pungkas Winny. (*)

Sumber : www.infobanknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar